Rabu, 04 Juli 2012

KOMPETISI MENULIS ESAI TINGKAT NASIONAL MEMPEREBUTKAN GELAR DUTA ANTIKORUPSI FON




A. Latar Belakang
Dewasa ini, permasalahan yang menimpa Negara Kesatuan Republik Indonesia semakin hari diketahui semakin kompleks. Permasalahan krisis ekonomi, bencana alam, kenaikan BBM, dan yang terutama sering sekali menjadi bahan pembicaraan yang paling menarik dan membuat gerah setiap warga Indonesia adalah kasus-kasus korupsi yang kian merajalela. Kebobrokan birokasi pemerintahan dapat dirasakan ketika banyak sekali pejabat petinggi negara yang seharusnya menjadi panutan dan pelindung bagi warga negara , malah berkhianat dengan melakukan KKN yang jelas-jelas dilarang oleh undang-undang.

Benar jika telah banyak sekali upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam mengurangi permasalahan korupsi yang terjadi. Namun pada kenyataannya, tak sedikit upaya yang telah dilakukan belum memberikan hasil yang maksimal. Ketidak jelasan hukum dan keadilan yang masih carut marutlah yang menyebabkan seolah-olah pemerintah kita terlalu lamban dalam hal memberantas kasus-kasus korupsi.
Melihat kenyataan yang terjadi, sudah saatnya generasi muda penerus bangsa ikut turun tangan dalam hal mempertahankan moralitas Negara Indonesia. Bukan saatnya lagi kita berharap pada mereka yang berada di atas, yang seyogianya tidak menyia-nyiakan kepercayaan warga Negara Indonesia.
Dikutip dari kata-kata bijak yang disampaikan oleh Presiden RI pertama, Ir. Soekarno, yang berkata “.. beri aku seribu orang tua maka akan kucabut semeru dari akarnya, dan beri aku sepuluh pemuda, maka akan kugoncangkan dunia”. Hal inilah yang seharusnya menjadikan kita—generasi muda—merasa terpanggil dan ikut mengambil peran dalam memberantas kasus korupsi, karena sesungguhnya di pundak kitalah, masa depan Indonesia dipertaruhkan.

Oleh karena itu, kami pemimpin muda Indonesia yang tergabung dalam Forum Osis Nusantara, melalui lomba karya tulis berbentuk esai dengan tema “Kontribusi Nyata Pelajar Antikorupsi untuk Indonesia”, ingin mengajak para pemimpin muda penerus bangsa untuk berani mengungkapkan ide-ide tentang upaya yang dapat dilakukan untuk memberantas kasus korupsi. yang selanjutnya akan dituangkan dalam sebuah karya tulis berupa esai.
Sebagai tindak lanjut dalam kegiatan ini, kami bermaksud untuk merangkum semua tulisan dari Lomba Esai ini kedalam sebuah buku berjudul “Jurnal Cerdas Pelajar Antikorupsi”.

B. Tujuan
Tujuan diadakannya lomba Esai ini adalah sebagai berikut.
  1. Meningkatkan kesadaran dan kepedulian para generasi muda terhadap permasalahan korupsi di Indonesia.
  2. Mengajak para generasi muda untuk ikut tergabung secara nyata dalam gerakan anti korupsi.
  3. Menggali upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk memberantas kasus korupsi di Indonesia.
  4. Melatih para generasi muda untuk menuangkan ide seluas-luasnya dalam karya yang dibuat.
  5. Menjadikan kegiatan ini sebagai ajang sosialisasi anti korupsi.
  6. Menjadikan kegiatan ini sebagai salah satu kontribusi pelajar antikorupsi di Indonesia.
C. Peserta lomba
Peserta lomba adalah siswa-siswi SMA/MA/sederajat se-Indonesia yang mengirimkan karya esai sebelum batas tanggal pengumuman.
D. Peraturan Penulisan
  • Esai dibuat dengan Tema “Kontribusi Nyata Pelajar Antikorupsi untuk Indonesia”.
  • Peserta hanya diperbolehkan mengirim satu buah naskah esai.
  • Naskah esai dibuat sepanjang 500-1000 kata disertai judul dan identitas lengkap peserta yang dicantumkan di bagian tepi kiri bawah naskah esai dengan format:
Nama lengkap

Asal Sekolah
  • Naskah esai diketik dalam kertas A4, Times New Roman 12, spasi 1,5, Margin 4,4,3,3 (kiri, atas, kanan, bawah).
  • Naskah esai dikirim ke alamat email forumosisnusantara@gmail.com, dengan format subject FON_Nama lengkap_Asal Sekolah.
  • Naskah esai merupakan hasil karya sendiri dan belum pernah dipublikasikan dalam media apapun—blog, website, koran, majalah.
  • Batas terakhir pengumpulan naskah esai yaitu tanggal 9 September 2012.
  • Pengumuman pemenang lomba esai akan dipublikasikan pada tanggal 17 September 2012 di website resmi Forum Osis Nusantara (www.forumosisnusantara.org).9. Seluruh peserta yang mengirimkan esai akan mendapatkan piagam penghargaan dalam bentuk soft copy yang dikirimkan melalui email masing-masing.
  • Akan diambil pemenang Juara 1 yang akan dinobatkan sebagai Duta Anti Korupsi FON tahun 2012.
  • Esai yang terkumpul, akan didokumentasikan dalam sebuah buku “Jurnal Cerdas Pelajar Antikorupsi”.
  • Keputusan juri dalam penilaian Esai tidak dapat diganggu gugat.
  • Panitia memiliki hak untuk publikasi naskah, dengan tetap mencantumkan nama penulis.
  • Untuk hal-hal lainnya yang kurang jelas, dapat menghubungi panitia kegiatan.
(Cp : Adam Raka Ekasara-0857228886600 Siti Hajar Riyanti-087826652421, email: riyantidandunia@gmail.com)


About the Author

Author info. Search this text in your template code and replace it.

    Other Recommended Posts

  • Kompetensi

0 komentar:

Posting Komentar

 
back to top